WELCOME TO HANDRY USA AREA

15 Februari 2011

Membuat Logo Favicon Blog dengan Illustrator


15.41 |

Tutorial kali ini tentang pembuatan logo Favicon pada Blog. Cara ini hanya dasar-dasar saja, sobat bisa memodifikasi dengan semua tool di Illustrator sesuai dengan imajinasi kreatifitas. Saya hanya mencoba membantu tahap demi tahap dengan cara yang mudah dan sederhana untuk bahan latihan. Selebihnya dari cara pandang masing-masing untuk berkreasi dan tidak harus terikat sesuai dengan tutorial ini.
Ini Tutorial bagian pertama dari 3 Tutorial.
1. Membuat logo Favicon Blog dengan Illustrator
2. Membuat Logo Favicon Blog Animation dengan Photoshop
3. Cara Mengganti Logo Favicon Blog
Saya pisah-pisahkan tutorialnya karena terlalu panjang, dan ini dibuat dengan petunjuk gambar agar lebih mudah dimengerti .
Tutorial sederhana ini mungkin bisa membantu para sobat yang mau belajar membuat sendiri desain logo Blog atau logo lainnya. Saya menggunakan bantuan Illustrator CS4 untuk membuat logo Favicon blog saya.
clip_image002[6]
Ikutilah ritualnya seperti dibawah ini.
1. clip_image004[6] Atur warna fill di tool box menjadi hitam dan stroke 0 (tanpa warna) dengan cara tekan X di keyboard lalu klik ganda (dobel) pada kotak fill pilih warna hitam di kotak dialog color picker .
2. Di tool box pilih clip_image006[6] Rectangle Tool (M) lanjutkan klik pada area kanvas sehingga muncul kotak dialog Rectangle isi nilai option Width= 10 cm Height= 10 cm tekan OK. Lihat gambar dibawah
clip_image008[7]
Hasilnya seperti gambar dibawah
clip_image010[6]
3. Pilih kembali Rectangle tool (M) untuk membuat object/ gambar baru di kotak dialog Rectangle isi nilai Width = 2 cm dan Height 8 cm. Beri fill warna pada Color Picker seperti gambar dan atur letaknya seperti ini.
clip_image012[6]
4. Duplicate object yang di buat kedua, caranya tekan tahan tombol Alt (kursor akan berubah bentuk) sambil drag (seret). Lihat Gambar hasil duplicate.
clip_image014[6]
5. Perkecil ukuran hasil dupilcate, tarik pada bagian titik-titik handel.
6. Ulangi langkah duplicate object dan aturlah posisinya agar presisi seperti   gambar dibawah.
clip_image016[8]
7. Object di duplicate kembali beri warna fill hitam. Duplicate object yang kecil saja. Buat 2 duplicate kemudian di pindahkan ke bagian tengah object.
clip_image018[7]
8. Aturlah kedua object agar sejajar dan kontras dengan object di belakang.
clip_image020[7]
9. Drag blog semua object buatlah duplicate sehingga menjadi 2 object/gambar. Ganti semua warna fill hasil duplicate menjadi kebalikan dari warna object awal.
clip_image022[7]
10. Pilih salah satu object kemudian tekan Ctrl + X , buat new dokumen (Ctrl + N) kemudian paste ( Ctrl V). Export objet tadi caranya Klik File pilih Export ketik nama file Gmbr 1 pada Save as Type pilih JPEG lalu SAVE. Ulangi cara diatas untuk gambar lain lalu Save, beri nama file Gmbr 2.


“Selesai tahap untuk pembuatan logo.”


Bersambung ke : Membuat Logo Favicon Blog Animasi dengan Photoshop



DOWNLOAD E-Book


Ingin mendapat artikel langsung ke email anda? Silahkan DAFTAR alamat email anda dibawah untuk berlangganan.


You Might Also Like :


1 comments:

Unknown mengatakan...

wah, trimakasih mas atas infonya...
ini untuk kerja freelance membuat logo, web design atau desain apa aja bisa berkunjung di
http://design-programming.blogspot.com/

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya.